Kamis, 01 Oktober 2015

LAYANAN INTERNET YANG SERING DIGUNAKAN DAN DAMPAK PENGGUNAAN INTERNET

Internet memiliki banyak layanan yang dapat kita akses dimana saja dan kapan saja. Banyaknya layanan internet membuat kita menjadi mudah dalam mendapatkan apa yang kita butuhkan seperti informasi, hiburan, dll. Ataupun memberikan informasi dan mengexplore apa yang ada pada diri kita.

Karena banyaknya layanan internet yang disediakan. Kita menjadi ingin tahu apa saja yang disuguhkan oleh layanan internet. Sehingga membuat kita mencoba semua layanan internet seperti social media ataupun search engine.

Selain itu dengan kita mencoba berbagai layanan internet itu bisa membuat gambaran terhadap kita, seorang pengguna internet yg update atau tidak. Dan keseringan dalam penggunanya membuat kita menjadi eksis dikalangan masyarakat. Contohnya pada saat ini terdapat selebtweet, selebgram, youtubers,dll.

Dalam kehidupan sehari-hari saya tidak bisa melepaskan diri dari layanan internet. Saya akan mengurutkan layanan internet apasaja yang saya sering gunakan.

1. Chatting
Mengapa saya mengurutkan chatting menjadi layanan internet nomor satu, itu dikarenakan komunikasi sangat dibutuhkan setiap waktu bahkan kita benar-benar tidak dapat terpisahkan darinya. Banyak sekali aplikasi chatting yang di berikan oleh layanan internet. Aplikasi chatting yang saya sering gunakan seperti:

A. Line
Aplikasi chatting ini saya sangat sering gunakan. Karena line memberikan berbagai fitur yang mempermudah kita untuk berkomunikasi dengan siapapun. Selain chatting terdapat fitur free call yang lebih mempermudah kita untuk komunikasi langsung dengan seseorang walaupun masih ada sedikit kendala ketika menggunakannya. Aplikasi chatting line pun lebih ekspresif dengan berbagai emoticon dan stiker yang dapat menggambarkan suasana hati kita. Kemudian terdapat fitur lainya yang slalu di kembangkan menjadi lebih bermanfaat.

B. BBM
Aplikasi ini merupakan yang kedua yang sering  digunakan. Fitur yang disediakan hampir sama dengan line. Yang membedakannya hanya cara menambahkan teman saja, kalau line caranya dengan menggunakan ID pengguna sedangkan BBM menggunakan pin yg sudah disediakan oleh BBM. Dahulu BBM hanya dapat di gunakan di handphone BBM namun saat ini bisa digunakan di android dan iphone.

C. Whatsapp
Aplikasi ini paling terakhir yg digunakan. Dibandingkan dengan line dan BBM. Fitur yang disediakan pun hampir sama dengan line dan bbm namun whatsapp tidak memiliki stiker untuk mengeksperesikan perasaan kita. Dan perbedaan whatsapp dengan yg lain adalah cara menambahkannya dengan no.handphone.

2. Social Media
Social media merupakan layanan internet yang sering digunakan para remaja pada saat ini. Social media membuat para remaja dapat mengembangkan aktivitas sosial mereka. Para remaja juga tidak bisa melepaskan social media dari hidup mereka. Namun saat ini tidak hanya para remaja yang menggunakannya, tetapi kalangan dewasa dan orang tua pun menggunakannya. Namun terkadang cara menggunakannya yang berbeda-beda.
Social media yang sering saya gunakan seperti:

A. Instagram
Saat ini instagram sangat di gandrungi oleh para remaja, artis-artis, bahkan para penjual berbagai macam produk. Karna instagram membuat fitur yang membuat kita dapat menggunaksnnya sesuai apa yg inginkan. Kita dapat mengupload video maupun foto dengan berbagai caption. Caption bisa berisi nasihat ataupun curahan isi hati. Untuk para artis, instagram digunakan untuk mengupload segala aktivitas agar lebih dekat dengan para fans mereka. Dan untuk para penjual berbagai produk, instagram merupakan lahan penghasil pundi-pundi uang yang menjanjikan. Karena instagram dapat membuat produk menjadi lebih menarik.Selain itu saya pun jadi tertarik untuk melihat produk-produk mereka.

B. Path
Path menempati urutan kedua setelah instagram.Path adalah aplikasi untuk mengupload segala macam aktivitas kita dr mulai bangun tidur hingga tidur kembali. Apa yang kita dengar, kita tonton, dsb.

C. Twitter
Twitter menempati urutan ketinga.Twitter adalah aplikasi untuk menuliskan berbagai kata yang sering disebut dengan tweet. Tweet berisi berbagai macam kata-kata. Nasihat, sindiran, curahan hati, dan masih banyak jenis tweet yg lainnya.

D. Facebook
Facebook menempati urutan terakhir.Facebook adalah aplikasi yang dapat menemukan teman lama atau teman baru. Dengan fitur chatting mempermudah kita komunikasi dengan mereka dan mengembalikan kenangan bersama teman-teman.

3. Google
Google sudah tidak asing bagi kita. Google dapat menjawab segala macam pertanyaan kita. Google mengetahui segala macam informasi dari seluruh dunia. Google juga dapat mengunduh segala macam jenis hiburan.Ini adalah layanan internet yang paling tidak bisa di tinggalkan oleh kita semua.

4. Youtube
Youtube digunakan oleh saya untuk mengakses segala macam video yang paling terbaru. Saya lebih senang melihat video music para musisi.


Dari sekian banyak layanan internet. Pasti penggunaan layanan internet memiliki dampak yang positif dan negatif.
Menurut saya dampak positif dari berbagai layanan internet diantaranya:
- menjalin silaturahmi dan komunikasi yang baik         dengan semua orang.
- dapat mengetahui kabar dari orang terdekat.
- mendapatkan informasi, hiburan, dsb.
- memulai sebuah bisnis
- membeli sesuatu yang kita butuhkan.
 Dan masih banyak lagi. Itupun jika kita menggunakannya dengan positif dan untuk mencari ilmu.

Dampak negatif dalam menggunakan layanan internet:
- dapat mengakses situs dewasa yang seharusnya tidak diakses oleh para remaja.
- dapat berbuat kriminal dengan menggunakan internet.
- internet membuat kita menjadi lupa waktu.
- internet membuat kita menjadi lalai dalam mengerjakan hal-hal lain.

Masih banyak dampak negatif yang kita rasakan. Maka dari itu kita seharusnya pintar-pintar dalam menggunakannya.




   

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar