Senin, 30 Maret 2015

BELAJAR KREATIF

Kreativitas adalah hasil dari interaksi antara individu dan lingkungannya seseorang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan dimana ia berada dengan demikian baik berubah di dalam individu maupun di dalam lingkungan dapat menunjang atau dapat menghambat upaya kreatif (Munandar, 1995 : 12)

Tornace dan Myres dikutip oleh Triffinger (1980) dalam Semiawan dkk (1987:34) berpendapat bahwa belajar kreatif adalah “menjadi peka atau sadar akan masalah, kekuarangan-kekurangan, kesenjangan dalam pengetahuan, unsur-unsur yang tidak ada, ketidak harmonisan dan sebagainya. Mengumpulkam informasi yang ada, membataskan kesukaran, atau menunjukkan (mengidentifikasi) unsur yang tidak ada, mencari jawaban, membuat hipotesis, mengubah dan mengujinya, menyempurnakan dan akhirmnya mengkomunikasikan hasil-hasilnya” .
Sedangkan proses belajar kreatif menurut Torance dan Myres berpendapat bahwa proses belajar kreatif sebagai : “keterlibatan dengan sesuatu yang berarti, rasa ingin tahu dan mengetahui dalam kekaguman, ketidak lengkapan, kekacauan, kerumitan, ketidakselarasan, ketidakteraturan dan sebagainya. 

Dengan demikian dalam belajar kreatif harus melibatkan komponen-komponen pengalaman belajar yang paling menyenangkan dan paling tidak menyenangkan lalu menemukan bahwa pengalaman dalam proses belajar kreatif sangat mungkin berada  di antara pengalaman-penglaman belajar yang sangat menenangkan, pengalama-pengalaman yang sangat memberikan kepuasan kepada kita dan yang sangat bernilai bagi kita. 


Berhubungan dengan belajar kreatif, kali ini saya  beserta kelompok saya akan menjelaskan khayalan tentang sebuah inovasi baru.



HOUSE PORTABLE

House portable adalah sebuah rumah yang dapat dibawa kemana-mana pada saat berpergian. Fungsi house portable ini adalah untuk mengurangi keberadaan gedung-gedeung besar di kota sehingga lebih banyak lahan hijau tersedia. Selain itu juga house portable berfungsi untuk menghemat biaya selama berpergian karena dengan adanya house portable para wisatawan tidak memerlukan biaya untuk menyewa sebuah kamar hotel selama perjalanan wisatanta. 

House portable terbuat dari lempengan-lempengan besi yang ringan yang diberi engsel di setiap sudutnya. Engsel-engsel tersebut berfungsi agar rumah dapat dilipat dan ditempatkan di dalam box sesuai agar menjadi lebih mudah dan lebih praktis dalam membawa rumah kemana-mana. House portable mempunyai sebuah tombol khusus di bagian kanan box yang berfungsi untung membuka house portable setelah kita menekannya. Untuk ukuran, ukuran house portable dapat dipesan sesuai dengan keinginan pembeli pada saat proses perancangan rumah oleh arsitektur khusus. Banyak dari lipatan rumah  diseusaikan dengan ukuran dari rumah yang dipesan oleh pembeli.

Cara menggunakan house portable sangatlah mudah. Pertama-tama, kita perlu sebuah lahan luas sebagai tempat untuk rumah kita berpijak. Letakan box house portable di tengah-tengah lahan lalu tekan tombol yang berada di sisi kanan box dan CHA~~ House portable siap digunakan!!~

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar