Senin, 09 Maret 2015

KREATIVITAS DENGAN PENDEKATAN 4P

Tugas individu mata kuliah Pengantar Kreativitas dan Keberbakatan.
Kemukakan kreativitas yang anda miliki dengan pendekatan 4P

Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun karya nyata.
Kreativitas dapat dimiliki semua orang dengan membangun potensi kreatif dalam dirinya walaupun setiap orang memliki cara sendiri untuk mengungkapkan kreativitas nya.
Berikut ini saya akan mengungkapkan kreativitas saya dengan cara saya sendiri yang belum tentu sama dengan yang lain, yaitu saya mengungkapkan kreativitas saya dalam menggambar dan sebagainya. Namun disini saya akan menceritakan sebuah gambar yang pernah saya buat.

Tahap-tahapnya dirinci dalam pendekatan 4P sebagai berikut:
1.Pribadi
Kreativitas adalah ungkapan (ekspresi ) dari keunikan individu dalam interaksi dengan lingkungannya.
Dalam hal ini saya mencoba membuat sebuah gambar produk kemasan yang sebenarnya gambar tersebut di perintahkan oleh seorang guru saya, disini saya menemukan ide untuk membuat sebuah gambar produk kemasan makanan ringan, yang menurut saya itu tidak terlalu sulit.

2.Pendorong (press)
Bakat kreatif akan terwujud jika ada dorongan dan dukungan dari lingkungannya, ataupun adanya dorongan kuat dari dalam diri untuk melakukan sesuatu. Dukungan yang kuat dari dalam diri saya adalah saya dapat menyelesaikan tugas saya dan mendapatkan nilai yang memuaskan. Dukungan dari lingkungan adalah saya dituntut membuat gambar tersebut indah dan mirip dengan aslinya karena itulah penilaianya.

3. Proses (process)
Untuk mengembangkan bakat kreatif perlu diberi kesempatan untuk bersibuk secara kreatif dan tentunya tidak merugikan orang lain dan lingkungan dan tahap inilah kesempatan itu. Dalah proses menggambar sebuah kemasan produk ada bahan bahan yang dibutuhkan antara lain: buku gambar A3, pensil, penghapus, pensil warna, dan kemasan yang ingin kita gambar.
Proses pertama adalah saya menggambar persegi 4 diatas buku gambar A3 dengan ukuran 30x25 cmdan membaginya menjadi 3 bagian yang tidak sama rata. Kemudian saya mulain menggambar kemasan produk tersebut dengan pensil. Dan setelah jadi kemudian saya mewarnainya dengan pesil warna. Kemudian kalau sudah selesai dilipat sehingga menjadi seperti kemasan aslinya.

4.Produk (product)
Ini lah hasil saya menggambar kemasan makanan ringan..bagaimana terlihat mirip bukan???
 



sumber:
http://byutiridhaandini.blogspot.com/2013/09/pendekatan-4p-dalam-pengembangan.html?m=1
http://12065fts.blogspot.com/2013/09/pendekatan-4p-dalam-kreativitas.html?m=1
 

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar