Rabu, 24 Desember 2014

BUDAYA BELANDA



Belanda merupakan salah satu Negara yang terpadat di dunia, dan kebanyakan tanahnya berada dibawah permukaan laut. Belanda tidak hanya terkenal dengan kincir angin dan bunga tulipnya tetapi belanda memiliki beberapa hal yang menarik seperti orang orang belanda selalu tepat waktu dalam melakukan segala kegiatan sehari-hari. Dan juga belanda memiliki tradisi, makanan, pakaian, tarian, dan sebagainya. Ayo kita bahas satu persatu....

Tradisi
Meskipun luasnya relatif kecil, Belanda memiliki tradisi yang kaya dan toleran terhadap aneka budaya dan agama. Selama bertahun-tahun Belanda telah menerima penduduk yang asal usulnya bukan dari negara lain dan Anda akan menemukan betapa terbukanya penduduk Belanda terhadap pengunjung asing.

Dengan keindahan alam yang berlimpah serta sejumlah kota kosmopolitan yang dinamis, Belanda memiliki banyak hal yang menarik bagi mahasiswa internasional. Belanda juga merupakan negara yang cukup aman dengan tingkat kejahatan yang rendah. Anda akan menemukan banyak penduduk Belanda yang dapat berbahasa Inggris. Namun belajar sedikit bahasa belanda sebelum Anda tiba akan berguna karena akan mempermudah integrasi Anda ke dalam masyarakat Belanda.



Salah satu perayaan-perayaan yang yang paling khas dalam negeri Belanda adalah pesta Sint Nicolaas atau Sinterklaas. Dirayakan di malam sebelum Sinterklaas' hari ulang tahun pada 5 Desember, khususnya di dalam keluarga-keluarga dengan anak-anak kecil.
Di Amerika Serikat angka asli Dutch Sinterklaas telah menyatu dengan Father Christmas ke Sinterklas. Dalam negeri Belanda, hadiah membawa Natal pada telah baru-baru ini memperoleh beberapa popularitas juga , tetapi Sinterklaas jauh lebih populer.





Lain perayaan khas dalam negeri Belanda adalah pesta Sint Maarten. Hari itu dirayakan pada malam hari 11 November dalam beberapa bagian negeri Belanda. Anak-anak berlalu pintu-pintu dengan lentera-lentera kertas dan lilin-lilin, dan menyanyikan lagu tentang St. Martin dan tentang lentera mereka sebagai penukar suguhan. Dalam beberapa daerah lampion digantikan oleh diri membuat lentera, terbuat satu mengorek bit gula (suikerbiet).

Tarian di Belanda.
 Pada abad ke-21 orang dengan latar belakang Timur Tengah atau Afrika juga memiliki efek mendalam, terutama dalam hip hop dan rap. Jauh lebih daripada kebanyakan non-Inggris negara Eropa berbahasa, Belanda tetap erat selaras dengan tren Amerika dan Inggris sejak 50-an.



Aruba dan lima pulau utama Belanda Antillen adalah bagian dari rantai Lesser Antilles pulau. Musik mereka adalah campuran dari unsur-unsur asli, Afrika dan Belanda, dan berhubungan erat dengan tren dari pulau-pulau tetangga seperti Barbados, Martinique, Trinidad dan Tobago dan Guadeloupe, serta kepemilikan Belanda daratan mantan Suriname, yang telah diekspor ke musik kaseko sukses besar di pulau-pulau. Curaçao dan Bonaire cenderung memiliki adegan musik yang paling aktif dan terkenal. Curaçao dikenal untuk jenis musik yang disebut tumba, yang dinamai drum conga yang menyertainya.

Makanan Etnis Belanda dan Makanan Khas Belanda

Makanan Etnis Belanda

Makanan etnis Belanda didasarkan pada hasil tangkapan nelayan tradisional dan pertanian. Secara umum, negara ini terkenal di dunia berkat keju dan cokelatnya.

Meskipun masakan Belanda tidak beragam, Negeri Kincir Angin ini memiliki hidangan yang sehat dengan porsi sayuran dan makanan laut lebih besar daripada daging. Hidangan penutup di Belanda juga populer, yang memiliki rasa manis dan pedas.
Berikut beberapa jenis makanan Belanda yang kerap disantap untuk menambah pengetahuan Anda, seperti diulas Ehow:

Tradisional 
Menu tradisional Belanda menitikberatkan pada sayuran, meliputi kentang, kacang-kacangan, kangkung, bit, wortel, serta beragam jenis sayuran akar, seperti kembang kol, bayam, asparagus, dan endive Belgia. Digunakan pula makanan laut, seperti tuna, sarden, mackerel, salmon, dan ikan trout, dan jenis lainnya seperti belut, kerang, tiram, dan udang.



                      


Populer
Selain makanan tradisional, Belanda juga memiliki makanan paling digemari, yaitu keju. Ragam kejunya banyak, seperti edam, gouda, dan leiden. Di Belanda pun terdapat roti tradisional yang di dalamnya berisi biji bunga matahari atau biji labu. Pemakaian kismis dan buah-buahan kering identik dengan makanannya. Bahkan, kopi yang disebut “koffietijd” di Belanda dinikmati dengan biskuit dan kue.





Makanan pembuka
Makanan pembuka di Belanda berupa kentang tumbuk dengan sayuran. Adapula sup kental, dimana di dalamnya terdapat kacang dengan sayuran dan daging. Kubis merah dibumbui dan dimasak dengan apel juga sangat populer, terkadang termasuk bawang atau sosis dan berbagai bumbu, seperti cuka, cengkeh, dan daun salam kerap dipakai. Hidangan disertai acar atau buah pir yang sudah direbus. Hidangan Belanda yang populer adalah sosis asap yang direbus atau dimasak dengan cara lambat, bersama kentang, bawang, dan wortel.


Ada juga versi tradisionalnya, termasuk wortel dan sayuran akar lainnya. Endive ditumbuk dengan kentang dan disajikan dengan daging. Kentang pun sering dikombinasikan dengan apel hijau atau kale keriting. Salah satu hidangan tradisional Belanda tertua adalah boerenkool. Makanan ini sudah ada sejak 1600-an, yang menggabungkan kubis, sosis, dan kentang. Selain itu, terdapat snert, yakni sup kacang tradisional Belanda, di dalamnya biasanya diberi sosis babi. Karena memiliki julukan erwtensoep, sup ini selalu disajikan saat musim dingin.


Pancakes
Pancake di Belanda disebut pannenkoeken, yakni makanan tradisional yang disantap dengan kue broeder. Ini biasanya dinikmati saat malam hari.

Makanan internasional yang dikenal di Amsterdam, Belanda, adalah risjtaffel, yang berarti “meja nasi”. Makanan ini merupakan tradisi Indonesia yang diadopsi oleh Belanda ketika penjajah membawanya kembali dari Indonesia ke Belanda. Memiliki porsi yang sangat kecil sehingga banyak terdapat pada masakan Indonesia, seperti kari, nasi kunyit, dan porsi kecil pada daging pedas yang disajikan dan dimakan selama beberapa jam.






Makanan khas Belanda

1. stamppot: ini lah nama yang akan tersebut pertama kali setiap kita tanya, apa makanan khas belanda? terbuat dari kentang yang direbus dan dihancurkan (mashed potatoes) dan dicampur dengan beberapa sayuran seperti wortel atau sayuran hijau lainnya seperti boerenkool. dihidangkan panas-panas bersama dengan sosis besar yang bernama rookworst. hmm..enak. tapi ini memang makanan musiman dan mereka biasanya membuatnya pada saat musim dingin tiba.



2. olliebollen: ini juga makanan musiman lain dari belanda, biasanya hanya ada di musim gugur dan musim dingin. juga menjadi makanan yang umum dicari pada saat malam pergantian tahun. inilah roti goreng khas belanda yang beberapa ditambah kismis. rasanya cukup enak dan bikin perut kenyang hanya dengan memakan 4 olliebollen besar




3. patat: alias kentang goreng . Tidak jelas aslinya dari mana, namun belgia berani mengklaim bahwa patat berasal dari sana. ditambah, patat yang tahun lalu menjadi nomor satu di belanda memang berasal dari belgia. kentang goreng ini memiliki bungkus berbentuk kerucut (juga beberapa dalam bentuk box) dan menjadi makanan jalanan seperti halnya gorengan di indonesia. jangan lupa untuk menambahkan saus di atasnya, baik mayonaise, selai kacang, kari, saus tomat ataupun bumbu tambahan lainnya. untuk menu spesial, mereka menambahkan potongan bawang bombay di atasnya. jadi, jangan bilang pernah ke belanda kalau tidak merasakan patat plus mayo.





4. stroopwafel: adalah wafel yang dibuat dari adonan tepung, mentega dan susu yang dipanggang dengan disisipi karamel di tengah-tengahnya. rasanya? renyah tapi legit dan maniiiis sekali. contoh makan manis lainnya ada dalam bentuk appeltaart (a pple pie) dan spekkoek.
selain itu, ada juga beberapa jenis makanan yang berbentuk roti/sandwich yang dicampur dengan berbagai macam jenis keju. ya.. siapa yang tidak mengakui kehebatan keju belanda? keju yang juga dimakan sebagai teman minum kopi atau anggur ini, memang menjadi pelengkap bagi sebagian makanan belanda.



Pakaian khas Belanda
Sekarang ini ada masih beberapa orang di sana yang berpakaian seperti itu, kurang daripada 1600 orang di seluruh negeri. Kebanyakan yang masih berpakaian “klederdracht” (pakaian tradisional) tinggal di Staphorst.





Klompen (Sepatu Kayu)
Dulu petani-petani menggunakan “klompen” ini, untuk berjalan di lumpur. Bila mereka pulang, mereka bisa turun dari “klompen” itu mudah sekali.












Alat musik
Alat musik khas dari Negeri Belanda yang sejenis dengan piano atau organ. Dimana orgel terbuat dari kayu dan besi. Sepintas tampak seperti piano atau organ dimana yang membedakannya dalh adanya banyaknya pipa-pipa besi yang menjadi sumber bunyi musik yang dihasilkan. Dan orgel ini menyita ruang yang cukup luas untuk penempatannya. Dan nada-nada yang dihasilkan cukup unik dan merdu dan biasanya banyak terdapat di gereja untuk mengiringi lagu misa baik lagu Gregorian maupun lagu biasa. Dan biasanya suasana bila kita mendengarkan orgel cukup syahdu.





 sumber:

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih info nya... Walau gk bs pergi ksana, paling tidak sudah tau sdkit ttg budaya nyaa...

Unknown mengatakan...

Terima kasih info nya... Walau gk bs pergi ksana, paling tidak sudah tau sdkit ttg budaya nyaa...

agusmaulana mengatakan...

eik Li bi di

agusmaulana mengatakan...

what is the meaning

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar