Minggu, 21 Desember 2014

SEKS BEBAS MENGAKIBATKAN TIMBULNYA ABORSI ILLEGAL



Berkembangnya perilaku seks bebas diIndonesia mengakibatkan berkembangnya juga aborsi illegal. Aborsi illegal ini dilakukan tanpa ijin dan tidak dipantau oleh seorang dokter yang ahli. Aborsi illegal ini biasanya dilakukan oleh para remaja yang masih dibawah umur tapi telah melakukan perilaku seks bebas.  


Aborsi illegal atau biasa disebut dengan abortus provocatus criminalis merupakan tindak kejahatan dan dilarang diIndonesia yang diatur dalam pasal 15 ayat 2 UUD RI No.23 tahun 1992. Aborsi illegal biasanya dilakukan secara tradisional yang  sangat beresiko mengakibatkan kematian untuk sang ibu.

Dengan adanya aborsi illegal ini menyebabkan para remaja berfikir bahwa jika mereka melakukan seks bebas dan kemudian mereka hamil. Mereka dapat menggugurkan kandungan mereka dengan mudah. Berarti jika semua remaja berfikiran seperti ini otomatis perilaku seks bebas diIndonesia akan meningkat dan jumlah bayi yang di aborsi pun akan meningkat. Aborsi merupakan masalah yang kompleks, mencakup nilai-nilai religius, etika, moral dan ilmiah serta secara spesifik sebagai masalah biologi.  Aborsi akan menghancurkan generasi muda penerus bangsa Indonesia.

Secara sederhana kata aborsi adalah mati ( gugurnya ) hasil konsepsi. Artinya aborsi itu dapat dimulai dari sejak benih wanita (ovum ) dengan benih pria ( sperma ) mengadakan konsepsi. Kehidupan yang utuh dimulai dari dua benih menjadi satu ( TWO IS ONE ). Secara garis besar aborsi adalah berakhirnya suatu kehamilan ( oleh akibat – akibat tertentu ) sebelum buah kehamilan tersebut mampu untuk hidup di luar kandungan / kehamilan yang tidak dikehendaki atau diinginkan.

Aborsi bisa diatasi dengan memperbaiki keadaan di dalam keluarga agar menjadi nyaman untuk seorang anak, supaya dia tidak lari kedalam lingkungan yang kurang baik dan dapat menjerumuskannya kedalam hal-hal yang negatif. Berilah kepada anak kebebasan bercerita agar dia dapat meluapkan segala apa yang terjadi pada dirinya sehingga akan muncul keterbukaan pada dirinya.selain itu orang tua bisa mengisi kesibukan mereka dengan mengisi dengan kegiata yang positif yang melibatkan seluruh keluarga ikut serta yang akan menimbulkan kebersamaan.


 
Kemudian pihak sekolah harus selalu mengawasi anak murid mereka agar tidak bergaul di lingkungan yang negatif. Pihak sekolah pun harus memberikan arahan betapa berbahayanya melakukan seks bebas yang akhirnya bisa melakukan aborsi. Pemerintah pun harus lebih jeli dan lebih sigap dalam menindak lanjuti perbuatan aborsi illegal yang dilakukan oleh pelaku yang membuka tempat aborsi atau menjual obat aborsi secara bebas.

Dengan kita berusaha melakukan hal-hal untuk mengatasi dan mencegah perbuatan aborsi illegal. Hal ini dapat mengurangi resiko kematian akibat aborsi, jumlah anak yang melakukan aborsi illegal dan juga para pelaku yang jera dengan apa yang telah mereka lakukan. Semoga anak-anak Indonesia dapat terselamatkan akan perbuatan yang beresiko tinggi ini.

Orangtua harus memberikan pantauan yang lebih ekstra terhadap anaknya, agar anak tidak ada  celah untuk melakukan hal itu. Berilah kenyamanan di dalam keluarga yang akan membuat si anak betah dirumah dan selalu ingin pulang kerumah bukan ke lingkungan buruk. 





0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar